Nama : Nabila Shadrina
Kelas : 2KA26
Tugas : Teori Organisasi Umum 2#
PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Sebelum saya menjelaskan apakah itu peran komunikasi
dalam organisasi , kita harus mengetahui pengertian dari komunikasi dan
organisasi terlebih dahulu, yaitu :
Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan atau informasi
antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan
mudah. Istilah komunikasi dalam bahasa inggris disebut communication, yang berasal dari kata communication atau communis yang memiliki arti sama atau sama
yang memiliki makna pengertian bersama. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia,
pengertian komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita dari
dua orang atau lebih agar pesan yang dimaksud dapat dipahami.
Pengertian Organisasi
Organisasi
adalah suatu kelompok orang yang bekerja sama untuk tujuan
bersama. Sedangkan secara terperinci pengertian organisasi adalah sebagai
tempat atau wadah untuk orang berkumpuldan berkerja sama secara rasional dan
sistematis, terencana, terpimpin, dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber
daya baik uang, metode, material, dan lingkungan, dan sarana-prasarana, data
dan lain sebagainya yang digunakan secara efisen dan efektif untuk mencapai
tujuan organisasi.
Peran Komunikasi
Dalam Organisasi
Komunikasi
dalam suatu organisasi selalu merupakan komunikasi timbal balik, demi
kepentingan semua pihak. Dalam berkomunikasi kita menciptakan persamaan
pengertian, ide, pemikiran, dan sikap tingkah laku kita terhadap orang lain.
Jadi komunikator dan komunikan mempunyai kesamaan dan kesepakatan pesan
sehingga menimbulkan suatu pengertian. Dalam proses komunikasi melibatkan
beberapa komponen yaitu:
1.
Komunikator (sumber)
2.
Pesan
3.
Saluran
4.
Komunikan (organisasi/publik)
5.
Efek
Berdasarkan
Sifat Ditinjau dari sifatnya komunikasi diklasifikasikan sebagai berikut:
a. Komunikasi verbal
1. Komunikasi lisan
2. Komunikasi tulisan
b. Komunikasi non verbal
1. Komunikasi tubuh
2. Komunikasi gambar
Berdasarkan
tujuan
a. Mengubah sikap
b. Mengubah opini/ pendapat/ pandangan
c. Mengubah perilaku
d. Mengubah masyarakat
Berdasarkan
fungsi
a. Menginformasikan
b. Mendidik
c. Menghibur
d. Mempengaruhi
Berdasarkan
jenisnya
Ada beberapa bentuk komunikasi yang
perlu diketahui untuk mendukung kegiatan organisasi, yaitu:
a. Komunikasi
intrapersonal adalah komunikasi yang berlangsung pada diri sendiri
b. Komunikasi
interpersonal adalah komunikasi yang berlangsung pada orang lain atau bisa
disebut juga dengan komunikasi kelompok
c. Komunikasi
kelompok adalah komunikasi yang berlangsung dengan kelompok orang yang jumlahnya
lebih dari dua orang
Menurut saya peran
komunikasi dalam organisasi sangatlah penting, terutama dalam mencapai tujuan
dalam organisasi tersebut , tanpa adanya komunikasi organisasi menjadi tidak
terurus dan pastinya banyak timbul kesalah pahaman, maka sangat penting dalam
organisasi harus adanya komunikasi. Karena komunikasi merupakan pusat dari suatu
proses organisasi yang menyangkut anggota , tingkah laku dan lain-lain. Dalam
organisasi terdapat pembagian-pembagian tugas kepada masing-masing anggotanya
itu pula dilakukan dengan berkomunikasi, jadi kesimpulan dari peran komunikasi
dalam organisasi adalah proses pengiriman dan
penerimaan pesan atau informasi didalam suatu kelompok organisasi kepada
anggotanya yang efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah untuk mencapai
tujuan dalam organisasi tersebut.
Berikut adalah beberapa jenis
komunikasi yang dapat membawa organisasi kearah perbaikan dan pengembangan
sebagai berikut :
1. Komunikasi
vertical sebagai nilai utamanya adalah pimpinan yang akan mengetahui apakah
karyawan mengerti pesan yang disampaikan.
2. Komunikasi
diagonal merupakan komunikasi singkat atau pendek, diperlukan untuk
menyampaikan berita secara cepat, dan penanganan yang praktis ditengahtengah
kesibukan.
3. Komunikasi
horizontal merupakan jalur komunikasi dalam pelaksanaan dan fungsi organisasi
secara keseluruhan, membuat organisasi bersatu dan berfungsi.
4. Komunikasi
internal bertujuan membangun kerja sama, membuat dan menjadikan karyawan ikut
memiliki dan bertanggung jawab terhadap organisasinya, membentuk citra baik
organisasi dan menanamkan kepercayaan bagi public eksternal. Sedangkan
komunikasi eksternal menciptakan opini public sebagai efeknya.
5. Komunikasi
eksternal menciptakan relasi dan pengembangan serta merupakan kelangsungan
kehidupan organisasi
6. Seorang
praktisi professional mampu menyusun konsep, menentukan strategi, sebagai
penasihat dan mampu mengikuti tren secara sistematis prosesnya
7. Sebagai
teknisi mampu mengoperasikan suatu konsep secara terkoordinasi, terorganisasi
dan berhasil sesuai rencana
8. Komunikasi
interpersonal dapat menentukan keberhasilan komunikasi dengan dibantu oleh
sikap dan tingkah laku yang etis, konsentrasi pada komunikasi akan memudahkan
kontak pribadi
LIHAT PULA :
Strategi Pengambilan Kepusan dalam Organisasi
http://nabilashadrina.blogspot.co.id/2015/12/strategi-pengambilan-keputusan-dalam.html
Kelompok dan Teamwork
http://nabilashadrina.blogspot.co.id/2015/12/kelompok-teamwork-kepemimpinan-dan.html
Kepemimpinan
http://nabilashadrina.blogspot.co.id/2015/12/kepemimpinan.html
Desain dan Struktur Organisasi
http://nabilashadrina.blogspot.co.id/2015/12/desain-dan-struktur-organisasi.html
LIHAT PULA :
Strategi Pengambilan Kepusan dalam Organisasi
http://nabilashadrina.blogspot.co.id/2015/12/strategi-pengambilan-keputusan-dalam.html
Kelompok dan Teamwork
http://nabilashadrina.blogspot.co.id/2015/12/kelompok-teamwork-kepemimpinan-dan.html
Kepemimpinan
http://nabilashadrina.blogspot.co.id/2015/12/kepemimpinan.html
Desain dan Struktur Organisasi
http://nabilashadrina.blogspot.co.id/2015/12/desain-dan-struktur-organisasi.html
SUMBER
0 komentar:
Posting Komentar