RSS

Peran Komunikasi dalam Organisasi

Nama      : Nabila Shadrina
Kelas      : 2KA26
Tugas     : Teori Organisasi Umum 2#

PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

            Sebelum saya menjelaskan apakah itu peran komunikasi dalam organisasi , kita harus mengetahui pengertian dari komunikasi dan organisasi terlebih dahulu, yaitu :
Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan atau informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah. Istilah komunikasi dalam bahasa inggris disebut communication, yang berasal dari kata communication atau communis yang memiliki arti sama atau sama yang memiliki makna pengertian bersama. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita dari dua orang atau lebih agar pesan yang dimaksud dapat dipahami. 







Pengertian Organisasi 
Organisasi adalah suatu kelompok orang yang bekerja sama untuk tujuan bersama. Sedangkan secara terperinci pengertian organisasi adalah sebagai tempat atau wadah untuk orang berkumpuldan berkerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin, dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya baik uang, metode, material, dan lingkungan, dan sarana-prasarana, data dan lain sebagainya yang digunakan secara efisen dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.


Peran Komunikasi Dalam Organisasi
Komunikasi dalam suatu organisasi selalu merupakan komunikasi timbal balik, demi kepentingan semua pihak. Dalam berkomunikasi kita menciptakan persamaan pengertian, ide, pemikiran, dan sikap tingkah laku kita terhadap orang lain. Jadi komunikator dan komunikan mempunyai kesamaan dan kesepakatan pesan sehingga menimbulkan suatu pengertian. Dalam proses komunikasi melibatkan beberapa komponen yaitu:

1. Komunikator (sumber)
2. Pesan
3. Saluran
4. Komunikan (organisasi/publik)
5. Efek
Berdasarkan Sifat Ditinjau dari sifatnya komunikasi diklasifikasikan sebagai berikut:
a. Komunikasi verbal
1. Komunikasi lisan
2. Komunikasi tulisan
b. Komunikasi non verbal
1. Komunikasi tubuh
2. Komunikasi gambar
Berdasarkan tujuan
a. Mengubah sikap
b. Mengubah opini/ pendapat/ pandangan
c. Mengubah perilaku
d. Mengubah masyarakat
Berdasarkan fungsi
a. Menginformasikan
b. Mendidik
c. Menghibur
d. Mempengaruhi
Berdasarkan jenisnya
Ada beberapa bentuk komunikasi yang perlu diketahui untuk mendukung kegiatan organisasi, yaitu:
a.       Komunikasi intrapersonal adalah komunikasi yang berlangsung pada diri sendiri
b.     Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang berlangsung pada orang lain atau bisa disebut juga dengan komunikasi kelompok
c.      Komunikasi kelompok adalah komunikasi yang berlangsung dengan kelompok orang yang jumlahnya lebih dari dua orang
d.      Komunikasi massa adalah komunikasi yang dilakukan melalui media massa







Menurut saya peran komunikasi dalam organisasi sangatlah penting, terutama dalam mencapai tujuan dalam organisasi tersebut , tanpa adanya komunikasi organisasi menjadi tidak terurus dan pastinya banyak timbul kesalah pahaman, maka sangat penting dalam organisasi harus adanya komunikasi. Karena komunikasi merupakan pusat dari suatu proses organisasi yang menyangkut anggota , tingkah laku dan lain-lain. Dalam organisasi terdapat pembagian-pembagian tugas kepada masing-masing anggotanya itu pula dilakukan dengan berkomunikasi, jadi kesimpulan dari peran komunikasi dalam organisasi adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan atau informasi didalam suatu kelompok organisasi kepada anggotanya yang efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah untuk mencapai tujuan dalam organisasi tersebut.
Berikut adalah beberapa jenis komunikasi yang dapat membawa organisasi kearah perbaikan dan pengembangan sebagai berikut :
1.   Komunikasi vertical sebagai nilai utamanya adalah pimpinan yang akan mengetahui apakah karyawan mengerti pesan yang disampaikan.
2.   Komunikasi diagonal merupakan komunikasi singkat atau pendek, diperlukan untuk menyampaikan berita secara cepat, dan penanganan yang praktis ditengahtengah kesibukan.
3.   Komunikasi horizontal merupakan jalur komunikasi dalam pelaksanaan dan fungsi organisasi secara keseluruhan, membuat organisasi bersatu dan berfungsi.
4.   Komunikasi internal bertujuan membangun kerja sama, membuat dan menjadikan karyawan ikut memiliki dan bertanggung jawab terhadap organisasinya, membentuk citra baik organisasi dan menanamkan kepercayaan bagi public eksternal. Sedangkan komunikasi eksternal menciptakan opini public sebagai efeknya.
5.   Komunikasi eksternal menciptakan relasi dan pengembangan serta merupakan kelangsungan kehidupan organisasi
6.   Seorang praktisi professional mampu menyusun konsep, menentukan strategi, sebagai penasihat dan mampu mengikuti tren secara sistematis prosesnya
7.   Sebagai teknisi mampu mengoperasikan suatu konsep secara terkoordinasi, terorganisasi dan berhasil sesuai rencana
8.   Komunikasi interpersonal dapat menentukan keberhasilan komunikasi dengan dibantu oleh sikap dan tingkah laku yang etis, konsentrasi pada komunikasi akan memudahkan kontak pribadi
LIHAT PULA :
Strategi Pengambilan Kepusan dalam Organisasi 
http://nabilashadrina.blogspot.co.id/2015/12/strategi-pengambilan-keputusan-dalam.html

Kelompok dan Teamwork
http://nabilashadrina.blogspot.co.id/2015/12/kelompok-teamwork-kepemimpinan-dan.html

Kepemimpinan
http://nabilashadrina.blogspot.co.id/2015/12/kepemimpinan.html

Desain dan Struktur Organisasi
http://nabilashadrina.blogspot.co.id/2015/12/desain-dan-struktur-organisasi.html



SUMBER



0 komentar:

Posting Komentar