GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA
PENGENALAN
OPENGL
Tahun 1980-an, mengembangkan perangkat lunak yang
dapat berfungsi dengan berbagai hardware grafis adalah tantangan nyata.
Pengembang perangkat lunak antarmuka dan kebiasaan menulis driver untuk setiap
perangkat keras yang menjadikannya semakin mahal dan mengakibatkan banyak
duplikasi.
OpenGL Dikembangkan oleh Silicon
Graphics (SGI) pada tahun 1990-an. Pendahulu openGL adalah
IRIS GL dari Silicon Grapics, yang pada awalnya berupa GL(Glut
Library) 2D, yang berevolusi menjadi API program 3D untuk workstation
canggih milik perusahaan tersebut.
OpenGL (Open Graphics Library) adalah suatu spefikasi
grafik yang low-level yang menyediakan fungsi untuk mempermudah pekerjaan atau
untuk keperluan – keperluan pemrograman grafis (Graphics Programming / GP),
termasuk grafik primitif (titik, garis, dan lingkaran). OpenGL(Open Graphic
Library) adalah sebuah library terdiri dari berbagai macam fungsi dan biasanya
digunakan untuk menggambar sebuah objek 2D ata 3D. OpenGL bersifat Open-Source, multi-platform dan multi-language.
OpenGL juga merupakan suatu
antarmuka pemrograman aplikasi (application programming interface (API) yang
tidak tergantung pada piranti dan platform yang digunakan,
sehingga OpenGL dapat berjalan pada sistem operasi Windows, UNIX,SGI,
Linux, frreBSD dan sistem operasi lainnya.
OpenGL pada awalnya didesain untuk digunakan pada
bahasa pemrograman C/C++, namun dalam perkembangannya OpenGL dapat juga
digunakan dalam bahasa pemrograman yang lain seperti Java, Tcl, Ada, Visual
Basic, Delphi, maupun Fortran. Namun OpenGL di-package secara berbeda-beda
sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan
MEMBUAT GARIS VERTIKAL, HORIZONTAL, DAN DIAGONAL DENGAN OPENGL
Pertama kali yang akan kita
lakukan untuk membuat berbagai macam garis dengan OpenGL adalah klik di sini .
0 komentar:
Posting Komentar